Berbagi Alunan Cinta dengan Merajut Kasih di Bulan Suci

Haiiii guysss.... alhamdulillah ya sudah memasuki bulan Ramadhan. Btw, bulan Ramadhannya udah lewat banget banget! :'D (ps: gue nulis ini dari bulan puasa dan baru gue selesaiin sekarang)wk! Gue pingin berbagi sedikit cerita dan pengalaman gue pada saat bulan Ramadhan kemarin. Let's move to the story! Ceritanya tanggal 10 Juni 2017. Jadi di kampus gue yang sekarang, gue mengikuti sebuah organisasi gitu ya himpunan mahasiswa lah intinya. Gue masuk jadi anggota Departemen olahraga, seni dan budaya. Berhubung lagi bulan Ramadhan akhirnya Dept. gue ngadain acara Akustik Ramadhan, dimana kita ngadain buka bersama dengan anak panti asuhan diselingi dengan acara hiburan yaitu akustik yang membawakan lagu bertema religi. Di program kerja ini gue jadi koordinator divisi acara beranggotakan 3 orang. Oiya, sebelumnya gue ingin bercerita tentang panti asuhan tempat himpunan gue ini ngadain acara yaitu di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu. Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu ini diisi oleh anak-anak distabilitas. Yap mereka memiliki cacat ganda. Jadi panti asuhan Yayasan Sayap Ibu ini ada 3 panti dan lokasinya berjauhan. Gue lupa lokasi panti 1 dan 3 dimana tapi kalo panti 2 di deket bandara Adisutjipto. Anak-anak yang terlantar ini awalnya masuk di panti Yayasan Sayap Ibu 1, bagi anak-anak yang distabilitas akan dipindahkan ke panti 2. Di panti 2 anak-anak ini diasuh, dirawat, dan direhab sampai mereka bisa makan dan mandi sendiri barulah mereka di pindah ke panti 3. Lokasi himpunan gue ngadain acara ini di panti yang kedua. Jujur aja, yang nyari panti asuhan ini ketua pelaksana gue dan pas gue tau ini panti asuhan anak distabilitas gue rada "aduh". why? gue takut nggak bisa menghadapi tingkah mereka, gue takut ketemu mereka, gue takut ngeliat anak-anak distabilitas karna yang ada dibayangin gue itu anak yang hiperaktif ga bisa diem dan menakutkan (menurut pikiran sotoy dan suudzon gue). Berhubung acara udah mepet, jadi yasudah semua anggota juga udah pada deal kita ngadain tempat disitu. Sebelum ngadain acara gue sempet survey lokasi sama temen gue, untuk ngeliat kondisi pemasangan alat akustik dll. Gue sampe panti dan ada beberapa anak lagi jalan mondar mandir. Sampe sana itu udah waktunya shalat dzuhur, trus gue dikasih tau musholla sama salah satu anak panti situ namanya Rino. Rino ini ternyata anak panti 3, tadinya gue takut gitu, tapi pas ngobrol ternyata bicaranya lancar sama halnya kayak ngobrol sama orang biasa. Ternyata di panti 2 ini mereka juga ada SLB. Jadi anak panti 3 bakal dateng ke panti 2 untuk sekolah nanti mereka dijemput gitu balik ke panti 3 dan anak dari panti 3 (kayaknya) setiap Sabtu suka main ke panti 2 gitu. Well, karna Rino menyambut dengan ramah akhirnya kesan gue tentang anak distabilitas yang menakutkan mulai pudar. Gue dan panitia hanya punya waktu 30 hari untuk mengadakan acara Akustik Ramadhan ini.  Tibalah di hari H, gue sama beberapa panitia ke panti 2 dari jam 10an, kita persiapan untuk dekorasi panggung. Gue lagi sibuk bungkusin kado buat acara games nanti, eh gue liat Rino nyamperin ke arah gue. Dengan sok akrabnya gue langsung membuka percakapan aja "Eh kamu inget ga, waktu itu kamu yang nganterin aku ke musholla?" Ternyata dia inget coy wkwk. Trus dia nanya nanya lagi apa mba blabla. Gue ngobrol seru sama dia, trus dia liat ada laptop tergeletak dan dia bilang dia pingin nonton film di youtube sama kawan-kawannya dia :"D. Gue bilang "Aduh aku ga ada internet nih jadi nggak bisa Rino" trus dia jawab sambil bisik-bisik "Aku tau password wifi disini nanti aku kasih tau trus kita nonton bareng-bareng" Wajah dia sumringah banget haha :"D tapi sayangnya Rino harus balik ke panti 3 karna di panti 3 juga ada acara gitu sama anak dari universitas lain. Sebelum dia masuk mobil dia bilang "Mbak..kapan-kapan main kesini lagi ya" Gue jadi terharu wkwk. Padahal nggak biasanya gue bisa langsung akrab sama anak-anak. Skip..akhirnya tiba di pembukaan acara pada sore hari pukul 16.30 WIB. Semua panitia, pengurus panti, dan anak panti udah siap duduk menyaksikan acara kita. Gue liat anak-anak itu sama sekali nggak ribut dan hiperaktif seperti apa yang gue bayangkan sebelumnya. Mereka duduk sambil ngobrol satu sama lain, ketawa, ledek-ledekan.
Sedih sih ada yang masih umur 6 tahun, gue lupa namanya dia cewek dan masih dipegang sama pengurus panti karna masih kecil. Ada juga cowok yang (maaf) tunanetra juga tunawicara. Asli baru kali ini, i feel so....ya gitulah. You'll know how it feels if u saw him directly. Well ni acara ngaret banget sih, padahal di rundown gue nulis jam 16.00 WIB udah mulai, karna yang dateng baru dikiiiiiiiit banget. Gue rada khawatir gitu kalo tamu yang dateng cuma dikit. Tapi setelah jam 16.45 dosen, civitas akademik, dan mahasiswa/i pun pada dateng termasuk senior hehe. Gue rada lega. Pas masih penyambutan dan murottal Al-Qur'an gue masih wara-wiri sibuk mengabsen pengisi acara, ya walaupun yang tampil tidak sesuai rundown, alhamdulillah lancar. Nah.. pas acara akustiknya di mulai gue berusaha untuk nggak duduk sama temen/panitia, nggak tau kenapa rasa sksd gue munucul aja gitu pingin duduk sebelah anak-anak hehe. Akhirnya gue memutuskan untuk duduk di depan di sebelah seorang anak laki-laki. Gue sok akrab dengan membuka percakapan "Namanya siapa?" senyum ramah "Cito" ett singkat amat, dingin amat ni bocah kayak si doi (lah). Gue nanya-nanya aja dia kelas berapa, hobinya apa sampe akhirnya kita berdua ngobrol. Seriously, mereka itu suka bercanda dan suka selfie haha. Gue berapa kali tuh diajak take a selfie.... like this lol
I feel so happy, dunno why just so happy. Setelah ngobrol, Cito langsung ikutan nyanyi heboh gitu sambil melambaikan tangan kayak lagi nonton konser :"D. Gue sok asik ikutan aja bodo amat dah yang penting bisa deket sama anak-anak wkwk. Sepanjang acara mereka nggak ada yang lari-lari dan brutal. Pada saat makan pun mereka tertib dan malah ada satu anak cewek tiba-tiba narik gue minta ditemenin makan wkwk. Mereka sangat-sangat sopan, cuma ada 1 anak aja nih rada hiperaktif. Gue kan lagi berdiri di panggung, tiba-tiba dia ngedektin rok gue trus rok gue di pelorotin. KAMPRET!! shock gue!! tanpa babibu gue takut dan langsung kabur aje :"D haha untungnya gue langsung reflek gitu megang rok gue, kalo nggak ya gatau lagi dah Allah mengampuni dosa gue apa kagak :"D Oiya there's a moment that made me so sad saat acara ini. Waktu Cito sama temennya yang cewek (gue lupa namanya) naik ke panggung buat nyumbangin lagu. Mereka nyanyi lagu "Ayah". Hmm.. gue langsung ke backstage aja, gue nggak sanggup. Selalu terbawa emosi if there's related with "ayah" selain itu gue jadi sedih ngebayangin mereka. Gue aja yang kayak gini sedih, apalagi perasaan mereka. Makanya gue sok-sokan ngobrol minta es buah aja ke belakang, eh keabisan sial :"D Selain memberikan hiburan dan bukber kita juga ngasih sembako sama THR lah istilahnya buat anak-anak. Sampai penghujung acara tiba, mereka berisap-siap dan pamit sama kita untuk balik ke biliknya masing-masing. Well, ini bener bener the first time banget gue merasakan secara langsung betapa indahnya berbagi dengan orang-orang disekitar kita. Berbagi memang nggak perlu nyumbang secara materil aja tapi dengan memberi hiburan sederhana yang bikin mereka ketawa aja rasanya seneng. Melalui kegiatan dan acara seperti ini juga gue sangat bersyukur sama Allah atas apa yang gue miliki sekarang, karna ternyata masih banyak orang lain yang hidupnya lebih sulit daripada gue. Untuk kalian semua yang membaca wordpress gue tentang ini, gue sangat merekomendasikan kalian untuk berkunjung ke Panti Yayasan Sayap Ibu 2 di deket bandara Adistujipto untuk berbagi kebahagian bersama orang-orang yang membutuhkan :) "Be grateful for what you have now that somebody doesn't" ps: i wanna thank to semua donatur, temen panitia, peserta, dan semua yang turut berpartisipasi dalam acara ini. We are not we without you guys :)

Comments

Popular posts from this blog

Amazing Show ILLUCINATI TOUR at Bogor

Kuliah Day-1 (BAD DAY)

Perkenalan Hati